Sektor Perbankan Afghanistan Nyaris Tumbang

Ekonomi Afghanistan berputar di luar kendali, sistem perbankan resmi bisa runtuh kapan saja sekarang karena kekurangan uang tunai. Kunjungan pemerintah Amerika kesana telah berbicara dengan keluarga serat masyarakat yang tengah bertahan hidup dengan teh dan potongan roti kecil.

Masyarakat angkat bicara “Jika ekonomi runtuh, bahkan layanan paling dasar pun tidak akan berfungsi lagi, dan kebutuhan kemanusiaan akan melonjak lebih tinggi lagi”. Berurusan dengan krisis likuiditas sangat penting karena organisasi bantuan berusaha untuk meningkatkan untuk memenuhi kebutuhan kemanusiaan yang mendesak.

Ekonomi Afghanistan Sektor Perbankan Nyaris Tumbang

“Kami berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan nyawa sebelum musim dingin yang keras tiba dan suhu turun hingga minus 20 derajat Celcius. Kesengsaraan ini membuat ratusan ribu warga lokal Afghanistan terpaksa menderita kelaparan, kekurangan pakaian yg layak hingga krisis keselamatan dan tidak tahu akan sampai kapan. Sudah, satu dari tiga orang Afghanistan tidak tahu lagi cara mendapatkan uang untuk bisa mencukupi persedian makanan dimasa mendatang.

Bahkan staf bank itu sendiri memberi tahukan bahwa mereka berjuang untuk menarik uang tunai untuk membeli makanan atau mengakses tabungan mereka dari bank. Perbankan tidak dapat membayar gaji penuh staf mereka karena tidak mungkin mendapatkan uang ke negara dengan aman. Bayangkan situasi ini berlipat ganda untuk setiap majikan di seluruh negeri, dampak dari kekuasaan Taliban semakin kuat di Afghanistan.

Ekonomi Afghanistan Hancur Setelah Taliban Berkuasa

Ekonomi Afghanistan Hancur Setelah Taliban Berkuasa

Negara persatuan PBB harus lebih cepat dalam mengamati perkembangan ekonomi Afghanistan yang semakin memburuk. Perjanjian multilateral sudah seahrusnya dibicarakan sebelum kondisi ekonomi tanah air tersebut akhirnya tidak bisa diselamatkan lagi. Mendanai layanan publik yang sesuai dan mengatasi krisis likuiditas. Ini berarti menjajaki mekanisme baru dan yang sudah ada, baik dengan menyalurkan dana internasional melalui dana perwalian PBB atau melalui organisasi kemanusiaan sebagai tindakan sementara. Jika tidak, janji mereka untuk terus mendukung rakyat Afghanistan akan kosong dan Taliban akan semakin kuat berperan dalam sistem kekuasaan di Afghanistan.

Next Post Indonesia – China Memulai Kemitraan Kerangka Mata Uang Lokal

Para donor harus fokus pada penyediaan solusi cepat dan efisien untuk memberikan bantuan mendesak bagi anak-anak, perempuan dan laki-laki yang tidak bisa menunggu lebih lama lagi. Negara ini sedang menghitung mundur keruntuhan ekonomi kita harus mendukung rakyat Afghanistan apa pun yang terjadi. Kekuasaan Taliban yang sangat kejam, seolah perlahan mengubah dan menghancurkan impian Afghanistan.