Wah Keren! Negara Ini Akan Bisa Bertransaksi Menggunakan QRIS

QRIS Bank Indonesia

Perry Warjiyo yang menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) mengungkapkan bahwa QRIS akan bekerja sama antarnegara di seluruh penjuru dunia. Sebelumnya juga sudah bekerja sama dengan Thailand melalui Bank of Thailand untuk melakukan kerja sama.

Menurut keterangan dari Bank Indonesia, nantinya QRIS akan menggandeng negara Singapura hingga negara Arab Saudi untuk melakukan pembayaran non tunai di negara-negara tersebut.

Diharapkan dengan adanya kerja sama antar negara di dunia, QRIS dapat berkembang hingga sampai ke pelosok dunia.

Hal ini juga nantinya akan memudahkan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri baik yang sedang melakukan kunjungan wisata maupun kunjungan ibadah keagamaan.

“QRIS akan bisa digunakan di Negara Arab Saudi untuk menunjang pembayaran transaksi non tunai untuk para jemaah umroh atau haji Indonesia di di sana” pungkas Perry pada acara Webinar Hari Pelanggan Nasional 2021, Jumat (3/9/2021).

Baca juga: Inilah Tarif Bea Keluar CPO dan Turunannya 2021

QRIS Antarnegara Mulai Beroperasi, Hadiah Ulang Tahun Indonesia

QRIS Bank Indonesia

Tepat pada Hari Kemerdekaan, Bank Indonesia meluncurkan Standard Nasional Open API Pembayaran (SNAP) dan telah merilis pra-resmi QRIS antarnegara. Di Indonesia sendiri, pembayaran dengan menggunakan QR Code sudah dapat dilakukan melalui QRIS untuk bertransaksi non tunai antar bank di seluruh Indonesia.

“Dengan hadirnya QRIS memungkinkan transaksi antar koneksi bisa melalui satu pintu QR Code sehingga memudahkan para pelaku UMKM maupun konsumen bertransaksi dengan mudah dan nyaman.” ujar Rosmaya Hadi selaku Deputi Gubernur BI.

“Diharapkan dengan menggunakan QRIS ini masyarakat di seluruh Indonesia betul-betul merasakan dampaknya, akan menjadi sangat maju dalam perkembangan perekonomian di Indonesia. Setelah itu kita akan uji coba antarnegara untuk menjadikannya lebih maju” lanjutnya.

Jadi, baik penjual maupun pembeli antarnegara bisa melakukan dan menerima pembayaran secara non tunai melalui QR Code untuk lintas batas instan produk berupa barang dan jasa tanpa adanya halangan.

Selain Thailand, BI juga sudah menggarap project QRIS ini untuk bisa bekerjasama dengan Bank Negara Singapura dan Malaysia. Nantinya, untuk memperluas dan mengujicoba Standar nasional QR Code untuk kedua negara tersebut.

“Setelah Arab Saudi, Malaysia, dan juga Thailand kemudian juga Singapura. Target BI di tahun ini akan menargetkan sekitar 10 hingga 12 juta merchart di negara-negara tersebut untuk mendukung keberlanjutan proses transaksi dalam berbagai sinergi.” ujarnya pada saat Upacara Pembukaan JAKREATIFEST 2021 secara virtual, Senin lalu.